Strategi Mengajar Guru Sekolah Minggu dalam Penataan Pertumbuhan Rohani Anak

Semual Rudy Angkow, Merry Teintang, Lena Anjarsari Sembiring

Abstract


Sunday school children who grow, develop, progress and are strong, not only seen from the intellectual intelligence of the Sunday school children. But from the spiritual side too, because in spiritual growth Sunday school children can be able to interact well with the outside world, in this case the surrounding community. Here the role of the Sunday school teacher is needed to help the spiritual development of children through teaching strategies that are relevant to the spiritual needs of Sunday school children. This paper is done with qualitative analysis methods which are then interpreted. The findings of this article are that every Sunday school teacher should effectively and efficiently be able to guide, direct, encourage every Sunday school child, to be able to develop spiritually toward Christ. The impact will be spiritual growth that has a knowledge of the true God and can have an impact on his friends and the environment around him.

 

Keywords: Teacher, Sunday School, Faith Growth

 

Abstrak

Anak sekolah minggu yang bertumbuh, berkembang, maju dan kuat, bukan hanya dilihat dari kepintaran intelektual dari anak sekolah minggu tersebut. Namun dari sisi kerohaniannya juga, karena dalam pertumbuhan rohani para anak sekolah minggu dapat mampu untuk berinteraksi baik dengan dunia luar, dalam hal ini masyarakat di sekitarnya. Di sini dibutuhkan peran guru sekolah minggu untuk membantu perkembangan rohani anak-anak melalui strategi mengajar yang relevan dengan kebutuhan rohani anak-anak sekolah minggu. Tulisan ini dikerjakan dengan metode analisis kualitatif yang kemudian di deskrifsikan. Temuan dari artikel ini bahwa setiap guru sekolah minggu seharusnya dengan efektif serta efisien dan mampu menuntun, mengarahkan, mendorong setiap anak sekolah minggu, untuk dapat mengembangkan kerohaniannya kearah Kristus. Dampaknya akan terjadi  pertumbuhan rohaninya yang memiliki pengenalan akan Tuhan yang benar serta dapat berdampak bagi temannya dan lingkungan disekitarnya.

 

Kata Kunci: Guru, Sekolah Minggu, Pertumbuhan Iman


Full Text:

PDF

References


Angkouw, Semuel Ruddy, Sekolah Tinggi, Alkitab Batu, Simon Sekolah, and Tinggi Teologi Salatiga. “Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (January 2020): 29–44.

Ayub Yahya. “Menjadi Guru Sekolah Minggu Yang Efektif” (n.d.).

Bawole, Susan. “TANGGUNG JAWAB GURU SEKOLAH MINGGU DALAM KEHIDUPAN SPIRITUAL ANAK.” Tumou Tou (July 31, 2020): 143–156. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/tumoutou/article/view/459.

GUNAWAN, AGUNG. “Pemuridan Dan Kedewasaan Rohani.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 5, no. 1 (2020): 1–17.

Hamid Patilama. Metode Penelitian Kualitatif”,. Bandung: Alfabeta, 2011.

Hastuti, Ruwi. “Pentingnya Urapan Roh Kudus Bagi Anak-Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Antusias 1, no. 3 (2011): 81–90. https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/76.

Husain, Hernawati, Lena Anjarsari Sembiring, and Simon Simon. “Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru Pada Pendidikan Kristiani Masa Kini.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021).

Kandiri, Kandiri, and Arfandi Arfandi. “Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam 6, no. 1 (2021): 1–8.

Limbong, Jeni Tandi. “Pendidikan Dan Pendampingan Terhadap Anak Sekolah Minggu Untuk Memaknai Tujuan Dari Pak Yakni Yesus Kristus Sebagai Tuhan” (2020).

Luhulima, Denissa Alfiany. “Pengembangan Media Video Animasi Untuk Materi Pembelajaran Karakter Bersaksi Di Sekolah Minggu.” INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 4, no. 1 (2018).

MA, S Nasution. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Panuntun, Daniel Fajar, Rinaldus Tanduklangi, Merry Adeng, and Christian Eleyazar Randalele. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (December 30, 2019): 193–208. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/113.

Pattinama, Yenni Anita. ““Peran Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja".” Jurnal Scripta Teologi vol.4, no. 2 (2019).

Paul E. Loth. Teknik Mengajar Untuk Pelayanan Pendidikan. Malang: Gandum Mas, 1997.

Rahawarin, Yunus, and Abstrak Di. “Kerjasama Antar Umat Beragama: Studi Rekonsiliasi Konflik Agama Di Maluku Dan Tual.” KALAM 7, no. 1 (July 2013): 95–120.

Riniwati, R. “Pembinaan Guru Sekolah Minggu Untuk Mengajarkan Konsep Keselamatan Pada Anak.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 2 (2020): 186–194. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/247.

Rohayani, Hani. “Model Mengajarkan Cerita Alkitab Kepada Anak Sekolah Minggu Usia 6-9 Tahun.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen (2023).

Samuel Sianto. Sejarah Sekolah Minggu Dan Pelajaran Dasar Menjadi Guru Sekolah Minggu. Malang: STT Yestoya, 2004.

Sele, Ricu, and Jepri Mei Anto. “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Orang Tua Kedua (Second Parents) Dalam Menata Moral Peserta Didik.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (September 13, 2023): 116–128. https://e-journal.anugrah.ac.id/index.php/JCH/article/view/152.

Sembiring, Lena Anjarsari, and Simon Simon. “Menggagas Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Misiologi.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 32–45.

Sembiring, Lena Anjarsari, Auw Tammy Yulianto, and Simon Simon. “Kontribusi Pengajar Pendidikan Agama Kristen Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Murid Distabilitas.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI 12, no. 2 (June 19, 2023): 153–170. https://journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/view/149.

Simanjuntak, Junihot. Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2021.

Simon Simon. “Peran Roh Kudus Bagi Hamba Tuhan Dalam Merintis Gereja.” LOGIA: Jurnal Teologi Pentakosta 1, no. 2 (2020).

Soetanto, Hasan. Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia Dan Konkordansi Perjanjian Baru. 1st ed. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2003.

Stott, John. Isu-Isu Global Menantang Kepemimpinan Kristiani. Jakarta: Yayasan Bina Kasih/OMF, 1996.

Yulianingsih, Dwiati. “Upaya Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2020).




DOI: https://doi.org/10.71415/jkmy.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Semual Rudy Angkow, Merry Teintang, Lena Anjarsari Sembiring




Address: Kampus Utama: Jl. Mundu No. 24-26 Bareng Kec. Klojen, Kota Malang

Lisensi Creative Commons

KHAMISYIM JOURNAL are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.