Eksplorasi Tangiang Metmet au on sebagai Pembelajaran Doa dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Anak
Abstract
Prayer is part of the activity of faith that is inseparable from Christian life. The need for references in learning prayer in Christian Religion Education (CRE) for children are the background for writing this article. The potential prayer learning material taught to children is Tangiang Metmet Au On. This study aims to explore the deep meaning contained in Tangiang Metmet Au On through exploration of the sentences in the prayer; encourage CRE activists to re-teach this meaningful prayer to children, especially the Batak Toba tribe at home, in church and at school; analyze the potential in Tangiang Metmet Au On to become CRE for Children teaching material in learning with the theme of prayer. The method used in this study is a qualitative method with literature study as a data collection technique. The results of the study are that the four short sentences of prayer in Tangiang Metmet Au On have deep meaning and messages of faith that need to be taught to children.
Abstrak
Doa merupakan bagian dari aktivitas iman yang tidak terlepaskan dari kehidupan Kristen. Adanya kebutuhan referensi dalam pembelajaran doa dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) Anak menjadi latar belakang penulisan artikel ini. Bahan pembelajaran doa yang potensial diajarkan pada anak adalah Tangiang Metmet Au On. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna mendalam yang terkandung dalam Tangiang Metmet Au On melalui eksplorasi terhadap kalimat-kalimat dalam doa tersebut; mendorong para penggiat PAK untuk kembali mengajarkan doa penuh makna ini kepada anak-anak khususnya suku Batak Toba di rumah, di gereja dan di sekolah; menganalisis potensi dalam Tangiang Metmet Au On menjadi bahan ajar PAK Anak pada pembelajaran dengan tema doa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian adalah bahwa empat kalimat pendek doa dalam Tangiang Metmet Au On memiliki makna mendalam dan pesan iman yang perlu diajarkan kembali kepada anak.
Kata Kunci: Doa; PAK Anak; Tangiang Metmet Au On
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boangmanalu, Flesia Nanda Uli. “Tantangan Dan Strategi PAK Anak Dalam Konteks Indonesia Masa Kini.” Jurnal Filsafat dan Teologi Katolik 6, no. 2 (2023): 01–15.
Boiliu, Noh Ibrahim, Aeron Frior Sihombing, Christina M. Samosir, and Fredy Simanjuntak. “Mengajarkan Pendidikan Karakter Melalui Matius 5:6-12.” Kurios 6, no. 1 (2020): 61–72.
Christiani, Puji. “Strategi Bagi Anak Sekolah Minggu Kelas Madya Yang Tidak Mau Berdoa.” PROSIDING STT Sumatera Utara 1, no. 1 (2021): 191–198.
Christimoty, Debora Nugrahenny, and Dixon Nixon Siathen. “Karakteristik Pendidikan Agama Kristen DaIam KeIuarga Bagi Pembentukan Karakter Anak Di Era Disrupsi 4.0.” Prosiding Stt Erikson-Tritt 1, no. 1 (2021): 10–18.
Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.” Kurios 2, no. 1 (2014): 62–69.
Hotmarlina, Evinta, and Maria A. S. Sondjaja. “Prinsip-Prinsip Pak Anak: Sebuah Kajian Eksegesis Alkitab Dari Ulangan 6: 4-9.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 5, no. 2 (2022): 166–177.
Husain, Hernawati, Lena Anjarsari Sembiring, and Simon Simon. “Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru Pada Pendidikan Kristiani Masa Kini.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021).
Kase, Adelsi, Maya Malau, Liantoro Liantoro, and Dunant F. Soukotta. “Pengaruh Penggunaan Permainan Puzzle Dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” Indonesia Journal of Religious 4, no. 2 (2021): 33–43.
Ledo, Samyul, and Sigit Ani Saputra. “Kajian Teologis Hanya Yesus Jalan Keselamatan Dalam Yohanes 14:1-14 Dan Aplikasinya Bagi Orang Percaya.” Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2021): 75–95.
Luter, Marten, Umbu Lele, Yantonius Lende, and Adriano Pengki A. “Implementasi Pendidikan Kristen Kepada Anak Sekolah Minggu Di GKSI Syalom Panit.” Journal of Human and Education 3, no. 4 (2023): 243–250.
Maranata, Graces, Tri Putri Br Sinaga, and Winarti Agustina. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Demonstrasi Pembuatan Buku Doa Di Sekolah Minggu.” ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2024): 11–25.
Nainggolan, Alon Mandimpu, and Adventrinis Daeli. “Persepsi Jean Charlier De Gerson Dan Tuhan Yesus Kristus Mengenai PAK Anak.” Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 1, no. 2 (2020): 45–57.
Pardede, Boho. “Lagu Sekolah Minggu: Tanganku Na Metmet Dan Metmet Au On.” Channel YouTube Boho Pardede.
Pelmelay, Ernavina. “Korelasi Antara PAK Keluarga Dengan Pembentukan Karakter Anak.” REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2023): 31–37.
Purba, Sudiarjo. “Bible For Kids: Aplikasi Pendamping Orang Tua Mewujudkan Pendampingan Pada Pendidikan Agama Kristen Anak Di Keluarga.” Sabda : Jurnal Teologi Kristen 5, no. 1 (2024): 19–33.
Purba, Yenni Septiani, and Djoys Anneke Rantung. “Desain Kurikulum Pak Anak Usia 9-12 Tahun Di Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Dengan Menggunakan Teori Wyckoff.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 27–61.
Ritonga, Nova. “Peran Orangtua Sebagai Pendidik Spiritual Anak Berdasarkan Ulangan 6 : 4-9 Di Era Revolusi Industri 4 . 0 : Tinjauan Teologis Dan Pedagogis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja 6, no. 2 (2023): 100–122.
Samoiri, Julmiati, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Kreativitas Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pendidikan Agama Kristen.” Jutipa: Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama 1, no. 1 (2023): 81–88.
Sembiring, Lena Anjarsari, and Simon Simon. “Kontribusi Pengajar Pendidikan Agama Kristen Dalam Membantu Pemulihan Traumatis Korban Pelecahan Seksual.” Jurnal Shanan 6, no. 1 (2022): 25–44. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/3624.
Sinambela, Juita Lusiana, Janes Sinaga, Stepanus Pelawi, and Max Lucky Tineti. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK MENGGUNAKAN METODE BERCERITA BERDASARKAN ULANGAN 6:7.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Penndidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 129–142.
Siregar, Nurliani. “Peranan Guru Pendidikan Agama Keristen Terhadap Pemahaman Doa Yang Benar.” Jurnal AGAPE: Agama, Pendidikan, Teologi 3, no. 3 (2019): 327–359.
Toisuta, Meike Elsa, Sanny Taner Sapulete, and Yamres Pakniary. “Game Edukatif Drag and Drop Sebagai Media Pembelajaran Pada Sekolah Minggu.” Institutio : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 2 (2023): 89–109.
Verayanti, Soendoro Jahja, and Sugeng Budi Suryanto. “Hubungan Pemahaman Tentang Pengajaran Doa Dengan Implementasi Doa Pribadi Jemaat.” JTS: Journal of Theological Students 9, no. 1 (2020): 53–63.
Yunita, Tulus Raharjo, and Lanny Laras. “Perspektif Yesus Tentang Anak Dalam Markus 10:13-16 Ditinjau Dari Teori Psikologi Sosial.” Pistis: Jurnal Teologi Terapan 23, no. 1 (2023): 14–25.
Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–266.
Zega, Yunardi Kristian, Renson Siahaan, Mitra Binariang Lase, Desetina Harefa, and Dewi Lidya S. “Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2022): 47–62.
DOI: https://doi.org/10.71415/jkmy.v2i1.25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SUDIARJO PURBA
Address: Kampus Utama: Jl. Mundu No. 24-26 Bareng Kec. Klojen, Kota Malang
KHAMISYIM JOURNAL are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.