Pandangan Kristologi Mengenai Ketuhanan Dan Kemanusiaan Yesus dalam Kaitan Pendidikan Agama Kristen
Abstract
This article explores the christological perspectives on the nature of Jesus as either divine or human and its implementation in Christian education. In the context of Christianity, understanding both aspects is essential for the belief and practice of Christian life. Through qualitative methods, this research gathers data from various sources and finds that understanding the humanity of Jesus, integrating His divinity, and the role of Christian religious teachers in teaching christology are the main focus. The research highlights the implications of christological perspectives on Christian beliefs, emphasizing religious moderation, tolerance, and collaboration among religious communities in a diverse society. Contemporary challenges reinforce the need for deep reflection on Christian beliefs, where Christian religious teachers play a crucial role in guiding students. Integrating the teaching of christology into the Christian education curriculum provides a foundation for shaping the character and morality of future generations through creative and interactive approaches. In essence, understanding the christology of Jesus is not only about faith but also about implementing Christian values in everyday actions. It is important to understand christological perspectives on Jesus and integrate them into Christian education to shape a generation capable of positively applying Christ's teachings in society.
Abstrak
Artikel ini mengeksplorasi pandangan kristologi mengenai sifat Yesus sebagai Tuhan atau manusia dan implementasinya dalam pendidikan Kristen. Dalam konteks kekristenan, pemahaman tentang kedua aspek ini menjadi esensial bagi keyakinan dan praktik kehidupan Kristen. Melalui metode kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai sumber dan menemukan bahwa pemahaman tentang kemanusiaan Yesus, integrasi kedivinitasan-Nya, dan peran guru agama Kristen dalam mengajarkan kristologi menjadi fokus utama. Hasil penelitian menyoroti implikasi pandangan kristologi terhadap keyakinan Kristen, menekankan moderasi beragama, toleransi, dan kolaborasi antar umat beragama dalam masyarakat majemuk. Tantangan kontemporer memperkuat perlunya refleksi mendalam terhadap keyakinan Kristen, di mana guru agama Kristen memegang peran penting dalam membimbing siswa. Integrasi pengajaran kristologi dalam kurikulum pendidikan Kristen menjadi landasan untuk membentuk karakter dan moralitas generasi penerus, melalui pendekatan kreatif dan interaktif. Artinya, pemahaman kristologi Yesus bukan hanya tentang kepercayaan, tetapi juga tentang implementasi nilai-nilai Kristiani dalam tindakan sehari-hari. Pentingnya memahami pandangan kristologi tentang Yesus dan mengintegrasikannya dalam pendidikan Kristen untuk membentuk generasi yang mampu menerapkan ajaran Kristus secara positif dalam kehidupan bermasyarakat.
Kata kunci: Kristologi, Kemanusiaan Yesus; Pendidikan Agama Kristen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.
Allo, Christian Arisandi Kiding. “Teosentris Atau Kristosentris? Tinjauan Kristologis Terhadap Paham Pluralitas Aloysius Pieris, Raimon Panikkar, Dan Jacques Dupuis.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 7, no. 1 (December 29, 2023): 63–94.
Angin, Yakub Hendrawan Perangin, Tri Astuti Yeniretnowati, and Yonatan Alex Arifianto. “Implikasi Nilai Manusia dalam Praksis Kepemimpinan Menurut Kejadian 1:26-27.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 2, no. 1 (December 23, 2020): 47–61.
Darman, Andrianus. “Yesus Sungguh Allah, Sungguh Manusia. Tinjauan Teologis Menurut Perspektif Islam dan Katolik.” Perspektif 16, no. 2 (December 1, 2021): 139–152.
Hulu, Elisua. “Kematian Yesus Kristus Bagi Pengampunan.” Jurnal Missio Cristo 2, no. 1 (2019): 38–58.
Kristanti, Diana, Magdalena Magdalena, Remi Karmiati, and Ayang Emiyati. “Profesionalitas Yesus Dalam Mengajar Tentang Kasih.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (June 27, 2020): 35–48.
Kristi, Sara Kurnia. “IMPLEMENTASI DOKTRIN KRISTOLOGI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.” Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora 3, no. 3 (April 23, 2023): 230–243.
Ponno, Alfrida Taruk, Reniati Reniati, Yiska Sambo, Sulianti Tangnga, and Rianti Mean. “PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM LINGKUP MASYARAKAT MAJEMUK.” Jurnal Salome : Multidisipliner Keilmuan 1, no. 5 (September 19, 2023): 356–365.
Sagala, Junaidy Alexander. “Pentingnya Mengembangkan Sikap Kritis Dalam Pendidikan Agama Kristen Di SMAN 12 Malinau.” Journal of International Multidisciplinary Research 1, no. 1 (November 28, 2023): 81–101.
Tamyong, Rospianti. “Kemanusiaan Yesus Kristus.” Jurnal Metalogia 1, no. 2 (October 28, 2021): 24–34.
Tridarmanto, Yusak. “YESUS SANG MANUSIA.” Gema Teologi 37, no. 2 (October 31, 2013). Accessed February 1, 2024. https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/view/171.
Tutupoly, Laurens. “KETUHANAN DAN KEMANUSIAAN YESUS KRISTUS BERDASARKAN INJIL YOHANES 1:1-18.” Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2018): 45–59.
Wanget, Samuel Wailan Leonard, and Henokh Alexander Ferdinan Lumentah. “Yesus Kristus: Enigma Sejarah Atau Inkarnasi Ilahi? (Menyingkap Misteri Dua Natur Dan Implikasinya Bagi Kekristenan Era Postmodern).” DA’AT : Jurnal Teologi Kristen 5, no. 1 (January 31, 2024): 53–67.
Waruwu, Anwar Three Millenium. “Strategi Efektif Memperkuat Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Kristen.” Jurnal Apokalupsis 14, no. 2 (2023): 204–226.
Wibowo, Wahju Satria. “KRISTOLOGI DALAM KONTEKS ISLAM DI INDONESIA.” Gema Teologi 33, no. 1 (April 28, 2009). Accessed January 31, 2024. https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/view/34.
Wicaksono, Arif, and Dwi Anggono. “Yesus, Hamba Allah Yang Menderita.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (June 18, 2019): 142–158.
DOI: https://doi.org/10.71415/jkmy.v1i2.13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tri Supratman Waruwu, Anwar Three Millenium Waruwu, Herman Pakiding, Junius Michael Najoan, Ruth Judica Siahaan
Address: Kampus Utama: Jl. Mundu No. 24-26 Bareng Kec. Klojen, Kota Malang
KHAMISYIM JOURNAL are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.