Penerapan Manajemen Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Kurikulum Merdeka
Abstract
The classroom is the center for all aspects of learning to meet and process. The classroom is a place that allows students to freely learn with efforts made by the teacher which is known as classroom management. However, it is found that many teachers are unable to differentiate between classroom management and teaching activities. Teachers only know how to teach but have weaknesses in managing the class. Teachers should be able to manage the class by looking at elements in teaching such as student background, curriculum used, methods, media and teaching materials. The learning curriculum merdeka is being hotly discussed and recommended by the government to be applied to learning, including in the field of study of Christian Religious Education. Implementing the learning curriculum merdeka in Christian religious education is both a challenge and a necessity through good classroom management skills. This research uses a qualitative method, where the findings are analyzed and then described in sentences. The research results found that teachers who understand classroom management will find it easier to implement an curriculum merdeka, students will have more freedom to learn because learning is in accordance with their comfortable position, and the teacher's expertise in managing the classroom will make it easier to achieve learning goals and increase students' interest in learning Christian Religious Education .
ABSTRAK
Kelas merupakan pusat segala aspek pembelajaran bertemu dan berproses. Kelas merupakan tempat yang memungkinkan siswa bebas belajar dengan upaya yang dilakukan oleh guru yang disebut sebagai manajemen kelas. Tetapi, banyak ditemukan guru tidak mampu membedakan antara manajemen kelas dengan kegiatan mengajar. Guru hanya mengetahui bagaimana mengajar tetapi memiliki kelemahan mengelola kelas. Guru harusnya mampu mengelola kelas dengan melihat elemen dalam mengajar seperti latarbelakang siswa, kurikulum yang digunakan, metode, media, dan bahan ajar. Kurikulum merdeka belajar sedang hangat diperbincangkan dan dianjurkan oleh pemerintah untuk diterapkan pada pembelajaran, termasuk pada bidang studi Pendidikan Agama Kristen. Penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pendidikan agama Kristen merupakan sebuah tantangan sekaligus keharusan melalui kemampuan mengelola kelas yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana hasil temuan dianalisa lalu dideskripsikan dalam kalimat. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru yang memahami manajemen kelas akan lebih mudah menerapkan kurikulum merdeka, siswa lebih leluasa untuk belajar karena pembelajaran sesuai dengan posisi kenyamanan mereka. Kepiawaian guru dalam mengelola kelas akan memberi kemudahan pada pencapaian tujuan pembelajaran serta meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Kata Kunci : Manajemen; Kelas; Pembelajaran PAK; Kurikulum Merdeka Belajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Husain. “Manajemen Kelas Berbasis Madrasah.” Jurnal: Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. vol.2, no. 1 (2020): 14.
Abidin, Jenal, Imas Masitoh, Ai Teti Wahyuni, dan Dkk. “Pendampingan Manajemen Pengelolaan Kelas pada RA Al-Hamidiyah Pangkalan Pangandaran.” Pelita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3, no. 3 (2023): 84.
Anggraeni, Dian Septi, Linda Ika Mayasari, dan Eddy Setyanto. “Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar.” Journal of Educational and Language Research vol.3, no. 1 (2023): 5.
Anisah., Sri Wulan, dan Hikmah. “KemampuanMengelola Kelas Untuk Mengantisipasi Perilaku BullyingMelalui Model Manajemen Kelas Ramah Anak.” PAUD: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini vol.1, no. 2 (2023): 14–15.
Bakri. “Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli.” Biro Administrasi dan Kepegawaian, Karir dan Informasi , Universitas Medan Area, 2022.
Burden, Paul R. CLASSROOM MANAGEMENT: Creating a Sucessful K-12 Learning Community. 7 ed. Canada: by Jhon Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey, 2020.
Comalasari, Enny, Edy Harapan, dan Houtman. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah,Kompetensi Guru dan Manajemen Kelas terhadap Mutu Pembelajaran.” Journal of Innovation In Teaching and Instructional Media Vol.1, no. 1 (2020): 76.
Duha, Asni Darmayanti. “Kurikulum Merdeka Belajar: Efektivitas dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Pietis: Jurnal Study Agama dan Lintas Budaya. vol.1, no. 1 (2023): 71.
Hafid, Abdul, Mujahidah, dan Nilda. “Hubungan Antara Keterampilan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tiggi.” GSE: Global Science Education Journal vol.5, no. 1 (2023): 17.
Hematang, Veronika. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Jakarta: PT. Global Offset Sejahtera, 2021.
Husean, Rinelsa R. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Pengelolaan Kelas B Taman Kanak-kanak di Kota Ternate.” Foramadiahi: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 13, no. 1, (2021): 174.
Jobirovna, Aziza Jabborova. “Effective Classroom Management: Strategies for Teachers.” AMERICAN Journal of Language, Literacy and Learning in STEM Education Vol.1, no. 10 (2023): 444.
Kapur, Dheera. “The Role of Google Classroom and Google Meeting on Learning Effectiveness.” Siber International Journal of Education Technology (SIJET) Vol.1, no. 1 (2023): 9.
M.N, Adlin, Dinda A.H, Yulinda S, Chotimah O, dan Merliyana S.J. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan vol.6, no. 1 (2022): 474–980.
Nikmatussaidah. “Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Guru Vol. 1, no. 2 (2020): 113.
Oci, Markus. “Manajemen Kelas.” Jurnal :Teruna Bahkti vol.1, no. 1 (2019): 14–15.
Oemar, Hamlik. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2010.
Pasaribu, Endang. “Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Basicedu. Vol. 5, no. 6 (2021): 5001–6500.
Pratycia, Angel, Arya Dharma Putra, dan Dkk. “Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Sain dan Komputer Vol. 3, no. 01 (2023).
Redaksi, Haloedukasi. “Manajemen Kelas: Pengertian-Tujuan dan Prinsipnya.” © 2024 HaloEdukasi.com.
Suhandi, Awalia Marwah, dan Fajriyatur Robi’ah. “Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisa Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru.” Jurnal Basicedu Vol. 6, no. 4 (2022): 5936–5945.
Suriani, Nidia, dan Iskandar. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum Vol. 1, no. 2 (2023): 19.
Thi Thuong Tran, dan Thu Thi Nguyen Hong. “The Effects of Classroom Management Styles on Students’Motivation and Academic Achievement in Learning English.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol.20, no. 1, (2021): 225.
Widiasworo, Erwin. Cerdas Pengelola Kelas. Yogyakarta: Diva Press, 2020.
Winata, Arya Panji, dan © All Rights Reserved. “Mengajar dan Manajemen Kelas.docx.” https://id.scribd.com/document/402573019.
Yulaekah, Afriza, dan Tuti Andriani. “Konsep Dasar Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. Volume 4, no. 3 (2023): 441.
DOI: https://doi.org/10.71415/jkmy.v1i2.12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Betieli tiel Gulo
Address: Kampus Utama: Jl. Mundu No. 24-26 Bareng Kec. Klojen, Kota Malang
KHAMISYIM JOURNAL are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.