Desain Pengajaran Alkitab dalam Peningkatan Pemahaman Teologi Jemaat di GPdI Philadelphia

Mona Kadir Sumual, Jisman Nainggolan

Abstract


This study aims to explore the influence of Bible teaching on improving theological understanding in the Philadelphia GPdI congregation. In the context of church life, a deep understanding of theology is essential to strengthen the faith and spiritual life of the congregation. This research used a qualitative approach with a case study method involving several congregants in a local church. Data was collected through interviews, observations, and document analysis of the Bible teaching implemented in the church. The results showed that structured Bible teaching that is relevant to the needs of the congregation can significantly improve theological understanding. In addition, the study also found that the congregation's involvement in theological discussions and practical applications of biblical teachings play an important role in deepening their understanding. Therefore, this study suggests that churches should focus more on developing in-depth teaching methods to form a solid understanding of theology among congregants.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pengajaran Alkitab terhadap peningkatan pemahaman teologi di jemaat GPdI Philadelphia. Dalam konteks kehidupan gereja, pemahaman teologi yang mendalam sangat penting untuk memperkuat iman dan kehidupan rohani jemaat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan sejumlah jemaat di sebuah gereja lokal. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen pengajaran Alkitab yang diterapkan di gereja tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Alkitab yang terstruktur dan relevan dengan kebutuhan jemaat dapat meningkatkan pemahaman teologi secara signifikan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa keterlibatan jemaat dalam diskusi teologis dan aplikasi praktis dari ajaran Alkitab berperan penting dalam memperdalam pemahaman mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar gereja lebih fokus pada pengembangan metode pengajaran yang mendalam untuk membentuk pemahaman teologi yang kokoh di kalangan jemaat.

 

Kata Kunci: Pengajaran Alkitab, Pemahaman Teologi, Jemaat, Iman, Kehidupan Rohani.


Keywords


Bible Teaching, Theological Understanding, Church Members, Spiritual Life.

Full Text:

PDF

References


Barrett, C.K.A. Commentary on the First Epistle to the Corinthians. Harper and Row, 1968.

Barth, Karl. Dogmatika Gereja, 1967.

Creswell, J. W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Sage Publications, 2013.

Fee, Gordon D., dan Douglas Stuart. How to Read the Bible for All Its Worth. Zondervan, 2003.

Grudem, Wayne. Systematic Theology: An Introduction to Biblical Doctrine. Zondervan, 1994.

———. Teologi Sistematik: Pengantar untuk Doktrin Alkitabiah, 1994.

Kvale, S. Doing Interviews, 2007.

Langga, Mersi, dan Yuni Karlina Panjaitan. “Pengaruh Metode Active Learning Dalam Pengajaran Alkitab Terhadap Pemahaman Anak Kelas Pratama Di GMIT Jemaat Efata Rote Ndao.” Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (20 Desember 2023): 156–69. https://doi.org/10.55649/skenoo.v3i2.55.

Lastri Novia Sitompul, Oloria Malau, Dorlan Naibaho, Sabar Rudi Sitompul, Franskoy Rio Naibaho, Andrianus Nababan, dan Malani Simanungkalit. “Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas IX Di SMP Negeri 4 Tarutung Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik 2, no. 2 (7 Mei 2024): 66–71. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i2.313.

Patton, M. Q. Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publications, 2002.

Rimah Dani, Dita Elha, Shaleh Shaleh, dan Nurlaeli Nurlaeli. “Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (11 Februari 2023): 372. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1829.

Stott, John. Alkitab: Kitab Suci yang Mencerahkan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Stott, John R. W. Salib Kristus, 1986.

———. The Cross of Christ. Inter-Varsity Press, 1986.

Vanhoozer, Kevin J. The Drama of Doctrine: A Canonical Linguistic Approach to Christian Theology. Zondervan, 2005.

Wong, Kwok Pui. Pendidikan Kristen yang Holistik, 2010.

Nata Saputra, Yudha. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Pendekatan Literatur Review.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 10, no. 2 (December 22, 2022): 177–186. https://pusdiklattekniskemenag.e-journal.id/andragogi/article/view/293.

Nurwindayani, Efi. “Cara Mendesain Materi Pemahaman Alkitab Sebagai Bentuk Pembinaan Jemaat Lanjut Uisa Untuk Gereja Masa Kini.” Integritas: Jurnal Teologi 6, no. 1 (June 30, 2024): 88–99. https://journal.sttjaffrayjakarta.ac.id/index.php/JI/article/view/185.

Sodikdiana, Martinus Hartono, and Tricia Novita. “Pendalaman Alkitab Berkesinambungan Untuk Menghasilkan Jemaat Yang Berkualitas.” Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi 5, no. 2 (December 12, 2024): 1–13. https://jurnalsttkharisma.ac.id/index.php/Kharis/article/view/138.




DOI: https://doi.org/10.71415/jkmy.v2i2.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mona Kadir Kadir, Jisman Nainggolan




Address: Kampus Utama: Jl. Mundu No. 24-26 Bareng Kec. Klojen, Kota Malang

Lisensi Creative Commons

KHAMISYIM JOURNAL are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.