Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak melalui Kurikulum Pendidikan Agama Kristen

Yeffry Hendra Lesmana, Djulius Thomas Bilo

Abstract


Abstract: Christian Religious Education can increase children's cognitive intelligence, so a Christian Religious Education curriculum is needed that is able to increase children's cognitive intelligence. This research aims to review the extent to which the Christian Religious curriculum is able to contribute to Christian religious education. This research uses qualitative methods that look at the nature of a problem. This research is based on library sources. From the existing problems and using qualitative research methodology, a conclusion was found that a good Christian religious education curriculum will be able to improve children's cognitive intelligence.

 

Keywords : Cognitive Intelligence, Curriculum, Christian Religious Education.

 

 

Abstrak: Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatan kecerdasan kognitif anak, maka diperlukan sebuah kurikulum Pendidikan Agama Kristen yang mampu meningkatkan kecerdasan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sejauhmana kurikulum Agama Kristen mampu berkontribusi terhadap pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif yang melihat hakekat dari sebuah permasalahan. Penelitian ini didasarkan atas sumber-sumber pustaka. Dari permasalahan yang ada serta memakai metodologi penelitian kualitatif maka ditemukan sebuah kesimpulan bahwa kurikulum pendidikan agama Kristen yang baik akan mampu meningkatkan kecerdasan kognitif anak.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Kognitif, Kurikulum, Pendidikan Agama Kristen

 


Full Text:

PDF

References


Al-Mighwar,Muhamad, Psikologi Remaja (Bandung: Pustaka Setia, 2006)

Alwi dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002)

Colson, H., & Rigdon, R. (1973). Understanding Your Church’s Curriculum. Broadman Press.

Diane, E. Papalia, Sally Wendkos Old and Ruth Duskin Feldman, Psikologi Perkembangan, Cet. I, Jakarta: Kencana

F Tobing, Nancy, “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia,” Miton Sriwijaya 1, No. 1 (2020)

Hari Soetjiningsih, Christiana, Seri Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Prenada Media Grup, 2012)

_______________, Christiana, Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak – Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir (Jakarta: KENCANA, 2012)

Jamiah, J. (2021). Penguatan Pola Asuh Orang Tua bagi Perkembangan Kognitif Anak di Desa Guci Kecamatan Sirampog. Jurnal Kependidikan

Jawati, Ramaikis, Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di Paud Habibul Ummi II, (Universitas Negeri Padang: Artikel Vol. I, No.1, April 2013 )

Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, (Medan: IKAPI, 2016)

Kunandar, Guru Profesional “Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru”, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)

Paul Suparno, Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius, 2006

Matt Jarvis, Teori-Teori Psikologi, Cet. X, Bandung: Nusa Media, 2011

Mandimpu Alon, Nainggolan, Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Pendidikan Tinggi Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19. https://ejournal-iaknmanado.ac.id/index.php/didaskalia/article/view. Didaskalia: J o u r n a l o f P s y c h o l o g y : H u m a n l i g h t | IAKN Manado Volume 2, Nomor 1 - Juni 2021 | 47 Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. 1 No. 2 (2020)

Moleong, L. J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2010),

Nursyam. (2009). Panduan Kegiatan Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi, (Jakarta : SMAN 78)

Suardiman, Siti Partini, Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini, (Yogyakarta : FIP UNY, 2003)

Sumiyatiningsih, Mengajar Dengan Kreatif dan Menarik, (Yogyakarta: Andi Offset, 2012)

Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada. Media Group, 2011

Trianto, Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif, (Jakarta : Kencana,2009)

______, Model Pembelajaran Terpadu, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

______, Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif, (Jakarta : Kencana,2009)

Vera Heryanti, Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisional (Congklak), (Universitas Bengkulu: Artikel Vol. 2, No. 1, Desember 2014)

Yusuf LN, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, (Bandung: Remaja Roesdakarya , 2012)




DOI: https://doi.org/10.71415/jkmy.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yeffry Hendra Lesmana, Djulius Thomas Bilo




Address: Kampus Utama: Jl. Mundu No. 24-26 Bareng Kec. Klojen, Kota Malang

Lisensi Creative Commons

KHAMISYIM JOURNAL are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.